TES KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI GURU BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA TINGKAT SLTA SEKABUPATEN PRINGSEWU [Indonesian Proficiency Test for The Teachers of Bahasa Indonesia at Senior High School in Kabupaten Pringsewu]

Authors

  • Achril Zalmansyah Kantor Bahasa Provinsi Lampung

DOI:

https://doi.org/10.26499/ttbng.v4i2.21

Keywords:

guru SLTA, tes kemahiran berbahasa Indonesia, senior high school teachers, Indonesian proficiency test

Abstract

Indonesian Proficiency Test is designed in such a way, without referring to someone’s job or position, as an ideal instrument for recruiting workers or qualified employees, students, teachers and government employees. Indonesian Proficiency Test for teachers of Indonesian Language of senior high school is a needed and should be sosialized and tested. The test is conducted to indicate the skills of teachers of senior high schools in Kabupaten Pringsewu in mastering bahasa Indonesia. The obtained data  showed that the majority of participants scores were between 500--600 which is good. Thus, it is confirmed that UKBI as a test tool  can be used to measure the ability of teachers in mastering bahasa Indonesia as well as their skills in the using of good and right bahasa Indonesia.Tes kemahiran berbahasa Indonesia dirancang sedemikian rupa, tanpa mengenal jenis pekerjaan atau jabatan seseorang, sebagai alat uji yang sangat ideal, baik bagi penjaringan pekerja atau pegawai teladan, siswa/mahasiswa, guru maupun calon pegawai negeri sipil. Tes kemahiran berbahasa Indonesia bagi guru bidang studi bahasa Indonesia tingkat SLTA sangat diperlukan. Tes ini dilakukan untuk mengetahui penguasaan bahasa Indonesia para guru bidang studi bahasa Indonesia tingkat SLTA di Kabupaten Pringsewu. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memperoleh nilai antara 500--600 yang berarti baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa UKBI merupakan alat uji yang dapat digunakan untuk mengukur penguasaan bahasa Indonesia seorang guru serta penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachman, Lyle F. 1990. Fundamental Considerations in Language Testing. Oxford: Oxford University Press.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik-Perkenalan Awal. Edisi Revisi. Jakarta: Rineke Cipta.

Kompas.com. 2009. ”Tulisan Mengenai UKBI,” edisi Rabu, Diunduh dari www.kompas.com/12/8/2009.

Laman HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia), dengan judul “Pentingnya UKBI bagi Penerjemah”, edisi 15 Desember 2013.

Laman UKBI, dengan judul ”Sekilas UKBI”, edisi 11 Februari 2015.

Maryanto. 2007. Tes UKBI dan Pengajaran BIPA. Jakarta: Pusat Bahasa.

McNamara, T.F. 1996. Measuring Second Language Performance. London dan New York: Longman.

Pusat Bahasa. 2007. Buklet UKBI, Edisi Kedua. Jakarta: Pusat Bahasa.

__________. 2005. Seminar dan Sosialisasi UKBI di Kantor Bahasa Provinsi Lampung.

__________. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

__________. Bedah Soal UKBI, Seri Pelatihan, Edisi Ketiga. Jakarta: Koperasi Primer Pusat Bahasa.

Downloads

Published

2017-10-02

How to Cite

Zalmansyah, A. (2017). TES KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI GURU BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA TINGKAT SLTA SEKABUPATEN PRINGSEWU [Indonesian Proficiency Test for The Teachers of Bahasa Indonesia at Senior High School in Kabupaten Pringsewu]. TOTOBUANG, 4(2), 219–229. https://doi.org/10.26499/ttbng.v4i2.21

Most read articles by the same author(s)