MISOGINI DAN KONFRONTASI ANTARSESAMA TOKOH PEREMPUAN DALAM TIGA DONGENG KANAK-KANAK [Misoginy and Confrontation among Woman Characters in Three Children Fairy Tales]

Authors

  • La Ode Gusman Nasiru Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.26499/ttbng.v4i2.27

Keywords:

misogini, putri Satarina, cerita wolio, misoginy, Princess Satarina, wolio story

Abstract

This research focused on the three central characters in children fairy tales:Cinderella; Bawang Putih Bawang Merah; and Putri Satarina who got through other women’s hostility in the stories. Misoginism haunted the women and their struggles. This research analyzes: (1) how the roles of misoginy confront the characters in creating disputing among women characters; (2) how the parents’ roles in facing misoginy isue in children fairy tales. Analysis  based on misoginy point of view. The women are almost always saved by fortune and “luck”. It legitimated weak image of women. Instead of saving their lives from sosial oppression from men, they wasted time for producing clash among the women. This condition keeps them away from the sense of feminism which tries to reach equality with men’s quality and dignity. This fact helps parents to check their children’s reading sources carefully. It of course relates with the program of  implanting peace values to children in creating better generation to strenghten nation’s character.Penelitian ini fokus pada tokoh utama dalam tiga dongeng kanak-kanak:  Cinderella; Bawang Putih Bawang Merah; dan Putri Satarina yang mengalami imbas dari kebencian tokoh perempuan lain dalam cerita teranalisis. Misoginisme menghantui perempuan dan perjuangan-perjuangan mereka. Penelitian ini mengkaji: (1) bagaimana peran misogini mengkonfrontasi para tokoh dan menciptakan pertarungan-pertarungan antarsesama perempuan; (2) bagaimana peran orang tua dalam menghadapi isu misogini dalam dongeng kanak-kanak. Penelaahan menggunakan sudut pandang misogini. para perempuan hampir selalu diselamatkan oleh nasib baik dan “kebetulan-kebetulan”. Hal ini melegitimasi bentukan citra perempuan yang lemah. Alih-alih menyelamatkan diri dari penindasan sosial yang digerakkan laki-laki, mereka sibuk mereproduksi pergesekan antarsesama perempuan. Kondisi ini menjauhkan perempuan dari ruh suci feminisme yang berusaha menyamaratakan kualitas dan martabat mereka dengan laki-laki. Kenyataan ini membantu orang tua untuk jeli mengoreksi kembali bahan bacaan anak. Tentu saja ini erat kaitannya dengan program menanamkan pesan-pesan perdamaian kepada anak dalam rangka menciptakan generasi penerus yang berbudi pekerti luhur demi penguatan karakter bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqila, Swada. 2015. Kumpulang Dongeng Dunia Seri Kerajaan. Jakarta: Wahyumedia.

Beauvoir, Simone de. 2003. Second Sex: Fakta dan Mitos. Yogyakarta: Pustaka Promethea.

Dongeng Cerita Rakyat. 2015. “Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih”. Diunduh dari http://dongengceritarakyat.com/cerita-rakyat-bawang-merah-bawang-putih/ 18/3/2016.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gamble, Sarah. 2010. Feminisme dan Postfeminisme. Yogyakarta: Jalasutra.

Humm, Maggie. 2007. Ensiklopedia Feminisme. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Megawangi. 2008. “Ratna Megawangi: Pelopor Pendidikan Holistik Berbasis Karakter”. Diunduh dari http://www. langitperempuan.com/ratna-megawangi-pelopor-pendidikan-holistik-berbasis-karakter/ 28/3/2016.

Nugroho, Riant. 2011. Gender dan Strategi Pengarusutamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prambosmoro, Aquarini Priyatna. 2006. Kajian Budaya Feminis, Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.

Rapunah, Princess. 2012. “Dongeng Cinderella.” Diunduh dari https:// princess rapunah.wordpress.com/2012/02/19/dongeng-cinderella/20/3/2016.

Rasyid, Abd. 1998. Cerita Rakyat Buton dan Muna di Sulawesi Tenggara. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Siregar, Aswin MC. 2015. Dongeng dan Cerita Rakyat. Jakarta: Skylar Books.

Sugihastuti, Setiawan, Itsna Hadi. 2010. Gender dan Inferioritas Perempuan: Praktik Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tiaristhy, A. 2008. “Hermeneutik Feminis Terhadap Hukum Perkawinan Pada Ulangan 22:13-30”. Undergraduate thesis, Duta Wacana Christian University, Diunduh dari http://sinta.ukdw.ac.id.

Udasmoro, Wening. 2014. Konstruksi Identitas Remaja dalam Karya Sastra. Yogyakarta: Program Studi Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada.

__________, dkk. 2012. Sastra Anak dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Program Studi Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf/ 20/3/2016

Wolf, Naomi. 1997. Gegar Gender. Yogyakarta: Pustaka Semesta Press.

Zonanesia. 2016. “Cerita Dongeng Cinderella Lengkap”. Diunduh dari http://www. zonanesia.net/2014/09/cerita-dongeng-cinderella-lengkap.html/20/3/2016.

Downloads

Published

2017-10-02

How to Cite

Nasiru, L. O. G. (2017). MISOGINI DAN KONFRONTASI ANTARSESAMA TOKOH PEREMPUAN DALAM TIGA DONGENG KANAK-KANAK [Misoginy and Confrontation among Woman Characters in Three Children Fairy Tales]. TOTOBUANG, 4(2), 191–203. https://doi.org/10.26499/ttbng.v4i2.27