ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PADA TEKS NARATIF DITULIS OLEH MAHASISWA SEMESTER 2 STBA PONTIANAK

The Analysis of Grammatical Errors in The Narrative Texts Written by Second Semester Students of STBA Pontianak

Authors

  • Putri Nur Indah Sari writer

DOI:

https://doi.org/10.26499/totobuang.v11i1.421

Abstract

Abstract This research aimed at finding the causes of error and types of error in narrative texts written by second semester students of STBA Pontianak.  The writer focused on analyzing types of error and determined the error causes which affected second semester students of STBA Pontianak made errors in writing narrative texts. In this research, the writer used descriptive qualitative research and used content analysis method to collect data, describe, and explain the research. The writer used theory by Oistein and Naimi theory to analyze the problems of the research. Based on the results of this research, four types of error were found in narrative texts written by second semester students of STBA Pontianak.  The four types of error were as follows; addition was found 169 times, omission was found 175 times, misinformation 351 times and misordering 61 times. As for the causes of errors, two causes of error were found which affected second semester students of STBA Pontianak made errors in writing narrative texts. The two causes of error were as follows; interlingual error was found 61 times and intralingual error was found. Intralingual error was divided into four classifications; overgeneralization was found 169 times, ignorance of restrictions was found 351 times, incomplete rules were found 175 times and false hypothesis was found 61 times. The total of intralingual error was found 756 times. Based on the writer analysis, the writer concluded that the intralingual error was the major cause which affected second semester students of STBA Pontianak made errors in writing narrative texts Keywords: Error Analysis, Types of Error, Causes of Errors, Narrative Texts   Abstrak Penulisan ini bertujuan untuk menemukan penyebab-penyebab dan tipe-tipe kesalahan pada teks narasi yang dibuat oleh mahasiswa semester dua Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pontianak.  Penulis fokus pada menganalisa tipe-tipe kesalahan dan menentukan penyebab-penyebab kesalahan yang mempengaruhi mahasiswa semester dua Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pontianak melakukan kesalahan-kesalahan dalam menulis teks narasi. Di penulisan ini, penulis menggunakan jenis penulisan deskriptif kwalitatif dan menggunakan metode analisa isi untuk mengkoleksi data, menggambarkan dan menjelaskan penulisan. Penulis menggunakan teori Oistein dan Naimi untuk menganalisa permasalahan dari penulisan ini. Berdasarkan hasil dari penulisan ini, ditemukan empat tipe-tipe kesalahan pada teks narasi yang dibuat oleh mahasiswa semester dua Sekolah Tinggi Bahasa Asing. Empat jenis kesalahan-kesalahan tersebut adalah; addition ditemukan sebanyak 169 kali, omission ditemukan sebanyak 175kali, misinformation ditemukan sebanyak 351 kali dan misordering ditemukan sebanyak 61 kali. Untuk dua penyebab-penyebab kesalahan, dua penyebab-penyebab kesalahan ditemukan yang mempengaruhi mahasiswa semester dua Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pontianak membuat kesalahan-kesalahan dalam menulis teks narasi. Dua penyebab-penyebab kesalahan tersebut adalah; interlingual error ditemukan sebanyak 61 kali dan intralingual error. Intralingual error terbagi menjadi empat golongan; overgeneralization ditemukan sebanyak 169 kali, ignorance of restrictions ditemukan sebanyak 351 kali, incomplete rules ditemukan sebanyak 175kali dan false hypothesis ditemukan sebanyak 61 kali. Jumlah keseluruhan dari intralingual error ditemukan sebanyak 756 kali. Berdasarkan analisa penulis, penulis menyimpulkan bahwa intralingual error adalah penyebab utama yang mempengaruhi mahasiswa semester dua SekolahTinggi Bahasa Asing Pontianak melakukan keslahan-kesalahan dalam menulis teks narasi. Kata-kata kunci: Analisa Kesalahan, Tipe-Tipe Kesalahan, Penyebab-Penyebab, Kesalahan, Teks Narasi

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-26

How to Cite

Sari, P. N. I. (2023). ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PADA TEKS NARATIF DITULIS OLEH MAHASISWA SEMESTER 2 STBA PONTIANAK: The Analysis of Grammatical Errors in The Narrative Texts Written by Second Semester Students of STBA Pontianak. TOTOBUANG, 11(1). https://doi.org/10.26499/totobuang.v11i1.421